IPSI Provinsi Lampung Gelar Kejuaraan Pencak Silat R. Hadiwiyoto Cup lll 2022

Kota Metro,(Saiwawai.id)–Ikatan Persatuan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Lampung menggelar kejuaraan Pencak Silat Hadiwiyoto Cup III 2022 di Padepokan Bina Manggala R. Hadi Wiyoto 21C Yosomulyo, Metro Pusat, Kamis 27 Oktober 2022.

Pertandingan seni Bela Diri ini, diikuti berbagai perguruan silat yang tergabung dalam IPSI se-Lampung. Perlombaan berlangsung selama 4 hari yakni mulai tanggal 26 sampai 30 Oktober 2022.

Pembukaan kejuaraan pencak silat tingkat sekolah tersebut ditandai pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Suwandi.

Suwandi menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya Event cabang olahraga pencak silat yang merupakan salah satu tradisi khas Indonesia itu.

“Tentu saja dinas pendidikan memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada IPSI Metro yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” kata Wandi.

Selanjutnya, Wandi juga memberikan penghargaan tinggi kepada IPSI karena walaupun tanpa melibatkan pihak pemerintah mereka mampu melaksanakan pertandingan silat di Kota Metro.

“Dan kegiatan ini luarbiasa bagi kami dinas pendidikan. Kami diundang untuk melakukan pembukaan saja. Bahkan sedikitpun kami tidak dilibatkan dan kontribusi, betul-betul mandiri yang dilakukan IPSI Metro ini,” imbuh Wandi.

Sementara itu, Wakil Ketua IPSI Agusturino menerangkan, diselenggarakannya kejuaraan sebagai upaya menjaring prestasi atlet yang ada di Kota Metro maupun di luar Metro. Hal ini guna mempersiapkan atlet pada kejuaraan Lampung Open turnamen, kejuaraan Porprov dan lainnya.

Dalam Kejuaraan ini, lanjutnya, diikuti tingkat pelajar SD, SMP dan SMA dari 8 kabupaten/Kota se-Lampung yang terbagi dua kategori, atlet tanding dan atlet seni.

“Kita adakan ini setahun sekali. Jadi di Kota Metro ada Wali kota Cup dan Hadiwiyoto Cup. Jadi setahun 2 kali,” tambahnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kejuaraan ini, diharapkan dapat mencetak generasi yang lebih baik, berprestasi, bermental dan memiliki fisik yang sehat.

Di lain sisi, Ketua Yayasan TTKKDH Kota Metro,
Safri Sawal mengharapkan Pemkot setempat agar lebih memperhatikan atlet-atlet Seni Bela Diri terutama Pencak Silat di Lampung khususnya di Kota Metro.

“Semoga pencak silat khususnya insan Kesti TTKKDH Kota Metro dapat melahirkan atlet-atlet terbaik dan mampu mengukir berprestasi di tingkat Provinsi, Nasional bahkan internasional,” ucapnya.

Dia menyebut, murid atau atlet TTKKDH Kota Metro siap memenuhi undangan kejuaraan-kejuaraan pencak silat. “Saya juga berharap mudah-mudah TTKKDH lebih besar lagi dan tentunya dapat memberikan prestasi untuk mengharumkan Kota Metro dan Provinsi Lampung,” tutupnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.