Pemkot Metro Berhasil Menjadi Salah Satu Penerima Penghargaan Kategori Unit Pelayanan Publik Disdukcapil

Saiwawai.id, Metro–Kota Metro berhasil menjadi salah satu daerah penerima penghargaan pada kategori Unit Pelayanan Publik Kategori “Pelayanan Prima” Disdukcapil tingkat Kabupaten/Kota dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Selain Kota Metro juga tercatat Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Tulang Bawang yang juga ikut menerima penghargaan pada kategori serupa. Selain itu juga Banyumas, Jakarta Selatan, Denpasar, Banyuwangi, Surakarta, Tebing Tinggi, Samarinda, Sleman, Madiun, Sumedang, Grobogan dan Kulonprogo.

Menteri PANRB Azwar Anas pada kesempatan tersebut menyerahkan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Zona Integritas (ZI) serta penganugerahan pelayanan publik kepada instansi pemerintah.

Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini menjelaskan bahwa kegiatan ini sendiri merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi yang dilakukan Kementerian PANRB kepada seluruh instansi pemerintah di tahun 2022.

Baca Juga:
Wahdi : MPP Metro, Era Baru Pelayanan Publik dan Penumbuhan Iklim Investasi

Rini menjelaskan penganugerahan pelayanan publik serta hasil evaluasi SAKIP, RB, dan ZI ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Selain itu juga memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat,”ungkapnya, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut Rini mengungkapkan bahwa penganugerahan pelayanan publik diberikan atas hasil evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik (UPP), penyedia sarana dan prasarana ramah kelompok rentan, serta Top Terpuji 45 inovasi pelayanan publik dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

Sementara itu Walikota Metro, Wahdi mengatakan lewat penghargaan ini diharapkan Kota Metro akan terus meningkatkan pelayanan publik bagi warganya.

“Lewat pengharagaan pelayanan publik prima ini kita terus mendorng pelayanan publik yang terintegrasi guna memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan, hal ini juga merupakan salah satu program utama Pemerintah Kota Metro dalam menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik”pungkasnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.