Metro,(Saiwawai.id)–Kejaksaan Negeri (Kejari) Metro menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62, di halaman kantor setempat, Jum’at (22/7/2022).

Dikatakan Kajari Metro Virginia Hariztaviane saat membacakan sambutan Kajagung RI menyampaikan pihaknya mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran dalam meningkatkan Citra institusi, sehingga masyarakat mampu merasakan kehadiran kejaksaan dalam setiap problematika hukum.

“Hasil survei mengenai evaluasi publik terhadap kinerja pemerintah dalam bidang ekonomi politik penegakan hukum dan pemberatan korupsi menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kejaksaan, dari sebelumnya menduduki peringkat ke-8 pada April 2022 menjadi peringkat ke-4 pada bulan Juni 2022 dengan capaian 74,5%,” ucap Virginia.

Lebih lanjut Virginia menyampaikan peningkatan kepercayaan tersebut karena masyarakat menganggap kejaksaan banyak mampu menampilkan wajah penegakan hukum yang didambakan.

“Diantaranya keberhasilan dalam menangkap kegelisahan masyarakat yaitu dengan dikeluarkannya kebijakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restorasi, kebijakan tersebut merupakan tonggak perubahan paradigma penegakan hukum sehingga masyarakat memposisikan restoratif justice indentik dengan kejaksaan,” kata Virginia.

Kajari mengajak seluruh warga adhyaksa kejaksaan Negeri Metro untuk menjaga pelaksanaan keadilan restorasi.

“Saya ingatkan, jangan pernah nodai kepercayaan masyarakat, perlu diketahui bahwa peningkatan kepercayaan masyarakat juga karena keberhasilan meningkatkan kemampuan komunikasi capaian kinerja sehingga masyarakat mengetahui apa yang telah diraih maupun yang sedang dilakukan oleh Kejaksaan,” beber Virginia.

Adapun tema dalam giat HBA tersebut adalah kepastian hukum humanis menuju pemulihan ekonomi.

“Kepastian hukum humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat namun cermati dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh dalam masyarakat karena hukum ditegakkan dengan akal pikiran dan keadilan, diasah dengan hati nurani, oleh karena itu seluruh aparat penegak hukum harus senantiasa menempa keterampilan hukum dan nilai-nilai keadilan agar hukum yang adil dapat ditegaskan dengan sempurna,” jelasnya.

Kajari Metro melanjutkan HBA bukanlah hal yang mustahil untuk kita wujudkan asalkan kita laksanakan dengan penuh kesungguhan serta berlandaskan profesionalitas tinggi dan integritas prima.

“Tentunya terus meningkatkan kemampuan intelektualitas guna menghadapi setiap permasalahan profesional integritas saudara, bangun untuk menuntun saudara memperoleh hasil yang maksimal, setiap kita mengemban tanggung jawab dalam menjaga kewibawaan institusi,” tegas Virginia.

Virginia menegaskan pada seluruh jajaran kejaksaan agar dalam menjalankan tugas senantiasa berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia.

“Saya beri apresiasi pada segenap jajaran kejaksaan di seluruh nusantara, yang telah bekerja keras dan cermat merespon dengan cepat perintah saya meningkatkan penanganan perkara berkaitan dengan hajat hidup masyarakat. Respon cepat tersebut telah berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat yang merasakan kehadiran saudara untuk menyudahi kesusahan yang mereka alami saya ingatkan lagi jangan rusak kepercayaan masyarakat yang telah susah payah kita bangun dan kita raih selama ini,” tutup Virginia.(Rls/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.