Wow.....,Meski Ada Insentif Kader, Rumah Pintar di Kelurahan Iringmulyo Kurang Terawat

Saiwawai.id,Metro – Kondisi Rumah Pintar Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur yang berada di RT 25, RW 11 kian memprihatinkan. Padahal rumah pintar itu merupakan gedung yang baru dibangun, namun kondisinya berdebu disertai sampah yang berserakan.

Ketika ditemui awak media, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda), Dra.Farida yang diwakili Mega Fitri selaku Kepala Bidang Perpustakaan menjelaskan bahwa Rumah Pintar sudah dikelola oleh pengurus masing-masing yang sudah ditunjuk dari kader kelurahan sebanyak 2 orang.

Mega Fitri juga menanggapi terkait Rumah Pintar itu terkesan tidak dirawat, dia menyatakan bahwa dalam waktu dekat akan langsung berkoordinasi dan mengingatkan kepada pengelola untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pengelola.

“Selain itu, ini juga bukan menjadi tanggung jawab dari Dinas Dispusarda saja, melainkan disitu ada Camat, Lurahnya dan ada bunda-bunda literasi disitu untuk mengingatkan pengelolanya,” ujarnya, Selasa 11 Januari 2022.

Menurutnya, pemerintah sudah ada bentuk perhatian berupa insentif untuk pengelola, agar pengelolaan Rumah Pintar yang ada di kelurahan masing-masing lebih baik.

Lanjut Mega Fitri, untuk insentif yang diberikan kepada pengelola itu setiap bulan. Mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2021 diberikan insentifnya.

“Untuk insentifnya dari awal kita beri Rp.100.000 di tahun 2018, di tahun 2019 naik menjadi Rp.150.000, dan di tahun 2021 naik menjadi Rp. 250.000. Insentif ini kita berikan guna berharap kinerja mereka agar lebih baik lagi, menjadi support bagi pengelola, paling gak untuk transport mereka,” katanya.

Ditempat yang berbeda, Selamat selaku lurah Iringmulyo saat diwawancarai oleh awak media menyampaikan, bahwa gedung itu baru direhab, sehingga mewajarkan bangunan itu dengan kondisi demikian.

“Rumah Pintar dikelola oleh kader kelurahan, yang bertugas 2 sampai 3 orang, “mereka kesana seminggu sekali atau sebulan sekali. Karena ini awal tahun dan disini juga kita sudah persiapkan SK yang baru, baru kita inikan (urus) nanti,” katanya.

Sementara itu, ditempat berbeda, Didi Suwondo selaku Ketua RT 25, RW 11, Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur saat diwawancarai oleh awak media menyampaikan, jadi semenjak terjadinya pandemi Covid-19 sepertinya hanya sesekali ditengok oleh pengurusnya.

“Tapi, untuk pelaksanaan sebagai tempat perpustakaan, karena mungkin tidak bisa berkumpul atau mengumpulkan warga atau anak-anak untuk membaca, jadi kondisi saat ini kurang begitu digunakan. Harusnya, dari dinas terkait ada pengelola yang harus standby untuk merawat gedung tersebut,” ujarnya.

Didi juga menyampaikan, adapun pemeliharaan Rumah Pintar di Kelurahan Iringmulyo dari dinas terkait selama pandemi ini adalah berupa pembenahan teras, dan penambahan teras keliling.

“Harapannya, untuk dinas terkait harus lebih dioptimalkan kembali tempat itu. Sehingga warga-warga khusunya seluruh kecamatan Metro Timur atau Kelurahan Iringmulyo memanfaatkan tempat itu,” pungkasnya.(Tim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.