Hewan Rabies di Suntik Agar Mencegah Penularan

Saiwawai.id,Metro-Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan Kota Metro Mengadakan Suntik Hewan Rabies di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara

Dokter hewan Ruri Astuti Wulandari mengatakan, “setiap tahun kita kan ada yang hari peringatan rabies sedunia itu jatuh pada tanggal 28 September setiap Tahun”, Senin(06/09/2021).

September itu Bulan sebagai bulan rabies selama bulan September ini rutin kita melakukan kegiatan vaksinasi rabies massal ke kota Metro.

“Jadi kegiatan ini ditujukan untuk pencegahan dan pengendalian penyakit rabies vaksin, anti rabies ini ditujukan untuk hewan penular rabies antara lain anjing kucing dan kera dilakukan jadi tanggal 6 Maret sampai nanti di awal bulan Oktober, ” Jelasnya.

Lampung sendiri belum bebas dari penyakit rabies Penyakit ini adalah penyakit zoonosis bisa menular dari hewan ke manusia dan sangat berbahaya kalau sudah terkena penyakit itu tidak ada obatnya.

Lanjutnya, Makanya kita lakukan pencegahan dengan melakukan vaksinasi pada hewan- hewan penular rabies ini Alhamdulillah di Metro kasus terakhir ada di tahun 2016.

Tambahnya Sudah hampir 5 tahun berjalan ini tidak ada kasus penyakit rabies karena covered vaksinasi kita juga lumayan bagus di atas 70% untuk ke hewan penular rabies.

Tambahnya,Kita menargetkan ada 2800 hewan yang vaksinasi yang kita siapkan 2800 kalau yang tahun lalu sekitar 2560. Hari ini kita targetnya pada 2800 dilakukan gratis tidak dipungut biaya rata-ratanya adalah pemilik HP R adalah warga Metro.

“Hewannya sehat umur hewan minimal 2 minggu dan yang jelas harus berkoordinasi dengan kelurahan masing-masing di tempat tinggalnya karena nanti pihak kelurahan yang akan mengarahkan kita akan di vaksin yang di daerah mana itu, “pungkasnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.