Dinas PM-PTSP Kota Metro Terus Mendorong Pelaku Usaha Terutama UMKM dalam Mengurus Perizinan Berusaha (NIB)

Saiwawai.id,Kota Metro – Pemkot Metro melalui Dinas PM-PTSP Kota Metro terus mendorong pelaku usaha terutama UMKM di kota Metro dalam mengurus perizinan berusaha (NIB). Hal ini tentunya sebagai implentasi dalam upaya mewujudkan program Metro Metro Bangga Beli (MB2).

Pelayanan pembuatan NIB bagi pelaku usaha kini lebih mudah. Selain melalui platfrom (Website), Pemkot melalui Dinas PM-PTSP Kota Metro mempermudah akses layanan dengan menyediakan loket-loket di setiap kecamatan. Sehingga masyarakat atau pelaku UMKM tidak perlu lagi datang ke kantor dinas terkait, cukup dilakukan di kecamatan saja. Terlebih, DPMPTSP juga memiliki program jemput ijin atau SILATURAHMI secara door to door.

Agar informasi pelayanan yang disediakan dapat diketahui dan didengar masyarakat terutama pelaku usaha, maka diperlukan peran media masa, baik online, cetak maupun televisi.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin saat menghadiri Foccus Discusion Grup di Kecamatan Metro Pusat, Jumat (12/08/2022).

Dia mengatakan bahwa peran media sangat penting untuk mempromosikan dan sosialisasi informasi tentang perizinan usaha (NIB) kepada masyarakat atau para pelaku usaha di Kota Metro.

“Ini adalah tentang sosialisasi pembangunan berkelanjutan, sumberdaya manusia dan lingkungan. Dari dua asfek tersebut maka kekuatan ketahanan ekonomi kita akan kuat. Sehingga program Metro Bangga Beli(MB2) akan tercapai. Dalam hal ini, peran media sangat penting dalam promosi NIB ini,” ujarnya.

Sementara itu, terkait perizinan usaha, Kepala DPMPTSP Deny Sanjaya menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pendampingan para pelaku usaha di Metro.

“Inti sama saja ya seperti yang kita lakukan sebelumnya, yaitu memberikan perdampingan regestrasi izin berusaha. Tugas kita hanya membantu input dan keluarnya nomor induk berusaha tetap dari kementrian investasi,” ujar dia.

Dia melanjutkan, sebagai upaya percepatan kepemilikan NIB bagi pelaku usaha, selain membuka pelayanan di kantor setiap kecamatan, akan disediakan juga loket sdi tiap kelurahan.

“Artinya Selain kita terjun langsung, loket pelayanan akan ada di setiap kecamatan bahkan akan ada di setiap kelurahan. Disela itu juga kita juga menyediakan pelayanan sesuai permintaan. Seperti kemarin pak tejoagung menyurati kami untuk terjun ke sana,” tambah Deny.

Camat Metro Pusat, Yahya Rahmat mengatakan, kecamatan memfasilitasi pelayanan pembuatan izin usaha. Selain itu, pihaknya juga membantu untuk mengarahkan dan mengundang peserta dalam mengurus NIB.

“Hari ini kami memfasilitasi, walaupun OPD terkait sebagai penyelenggara. Kita membantu mengarahkan dan mengundang peserta untuk membuat NIB secara langsung ke kantor,” katanya.

Agar berjalan lancar, pihakya juga mengikuti sosialisasi dan pembelajaran terkait di DPM-PTSP.

“Nanti kan operator kecamatan mendapatkan sosialisasi. Jadi masyarakat bisa mengurus NIB langsung ke kecamatan,”

“Kita juga lagi proses belajar tentang pelayanan NIB. Selain di PTSP, masyrakat bisa membuatnya di sini. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.